BAJU SERAGAM PLN

BAJU SERAGAM PLN

BAJU SERAGAM PLN. Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa kita tahu dengan sebutan PLN. PLN adalah perusahaan listrik yang dikelola oleh Negara, dan bertugas untuk mengurusi aspek-aspek kelistrikan yang ada di Negara kita ini Indonesia. tenaga listrik yang dimiliki Negara Indonesia dimulai pada abad ke-19, dimana pada saat perusahaan belanda mulai mendirikannya pusat pembangkit listrik untuk keperluannya sendiri di Negara kita ini.

BAJU SERAGAM PLN

Pada tanggal 08 Oktober 2013 perihal pakaian dinas untuk para pekerja PLN (perusahaan listrik Negara), di sampaikannya bahwa akan diberikan pakaian dinas untuk semua pegawai dengan rincian dan penjelasan dari U.P General Manager / kepala sebagai berikut :

Seragam untuk pegawai :

  • Pegawai pria : Seragam berupa kemeja lengan panjang dan kemeja lengan pendek warna putih polos serta celana panjang warna abu-abu tua.
  • Pegawai wanita : Seragam berupa kemeja lengan panjang dan kemeja lengan pendek warna putih polos serta cenala panjang warna abu-abu tua.

Seragam bekeja dikenakan sebagai jalan untuk para pekerja atau juga bisa menjadi nilai panutan, pakaian dinas juga dikenakan karena peraturan ataupun perintah dari atasan saat bekerja menurut sebagai perumusan standar operasi  (SOP) ataupun makna-makna dibalik lambang suatu perusahaan tersebut. Jika kita terus mengenakan seragam bekerja tersebut secara manusiawi, baik melalui pengarahan, pembinaan, maupun pelatihan, dan bimbingan dari suatu perusahaan tersebut. Maka itu akan menjadikan kita basic assumption.

Basic assumption itu bisa merupaka level kultur yang paling tinggi. Seseorang yang mampu menjalankan keyakinan, nilai-nilai dari suatu perusahaan tersebut, dan standar organisasi secara reflek dan sudah membudaya tanpa orang itu merasa diatur, itu sudah bisa dibilang melekatnya basic assumption bagi orang tersebut.

BAHAN BAJU SERAGAM PLN LAPANGAN / OUTDOOR

  • Denim

Bahan baju kerja berbahan denim yang lebih dikenalnya sebagai bahan jeans dan juga banyak disukai bagi semua kalangan. Serat denim ini lebih mirip dengan jenis bahan cotton twill yang biasanya berbentuk diagonal. Jenis bahan denim ini berawal dari warna biru indigo dan kemudian semakin berkembang menjadi warna gelap dan bahkan sekarang denim sudah bisa dipakai dengan berbagai warna-warni. Tetapi denim yang memiliki warna gelap akan terlihat lebih elegan, rapi, dan juga lebih formal dibanding warna-warna yang lain. Biasanya jenis bahan denim yang mempunyai warna yang sudah usang dapat diwarnai kembali atau dikenal dengan nama washing.

  • Aramid

Jenis bahan aramid ini adalah jenis dengan bahan sintetik fiber dan memiliki sifat yang sangat kuat, tahan akan suhu tinggi, dan pastinya tahan akan panas. Aramid juga adalah salah satu bahan yang dipakai untuk membuat baju seragam pln dan juga biasanya pemadam kebakaran. Jenis bahan yang lain-lain juga mempunyai sifat yang hampir sama dengan jenis bahan ini.

  • Gore Tex

Jenis bahan gore tex ini mempunyai kain yang terdiri dari 2 layer. Layer yang berada di dalam yaitu Polyurethane (PU), dan sedangkan layer yang berada di luar yaitu nylon ataupun polyester. Kain yang terdiri dari layer-layer inilah yang membuat gore tex lebih bersifat waterproof breathable. Dan biasanya gore tex bisa dipakai sebagai jaket ataupun raincoat pada saat PLN bekerja saat dilapangan. Kain jenis ini tidak bersifat water proof.

  • Taslan

Jenis kain bahan taslan yaitu jenis kain polyester dan pada umumnya jenis kain bahan taslan ini dipakai untuk membuat jaket lapangan. Sudah banyak jenis bahan ini yang tersedia di pasaran :

  1. Taslan Balon
  2. Taslan Salur (non-waterproof)
  3. Taslan WP (Taslan waterproof)
  • Milky

Jenis bahan Milky ini mempunyai kesamaan dengan bahan parasit. Namun, jenis bahan mily ini lebih rapat dari pada jenis bahan taslan dan mempunyai permukaan yang sangat halus. Kebanyakan jenis bahan milky dipakai untuk membuat baju seragam outdoor, tapi juga sering ditambahkan laspisan atau coating pada permukaannya.

  • Nylon / polymid – parasit

Jenis bahan nylon pada umumnya serat sintetik ini dapat menimbulkan sifat kelistrikan static dan juga merupakan isolator yang baik. Jenis bahan ini mempunyai sifat elastis dan ketahanan yang sangat baik, jenis bahan ini memiliki ketahanan terhadap bakteri, jamur, dan bisa juga serangga. Namun, nylon juga memiliki kekurangan terhadap daya serap yang cukup rendah.

About the Author: Belanja Kita