Pengertian Data

contoh data

Data adalah berupa kumpulan poin-poin yang belum memiliki arti /nilai guna. Kegunaan dari data terlebih dahulu haruslah diolah atau  memerlukan proses terlebih dahulu agar memiliki nilai guna/dimanfaatkan. Data bisa berupa suatu kondisi atau berbagai masa dan volume, huruf, suara, simbol, gambar, angka, atau berupa bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat objek, lingkungan, kejadian ataupun sebuah konsep. Data juga dapat diartikan sebagai hasil pemaparan kejadian yang terjadi secara langsung atau kata lain sebagai sebuah pencapaian dari suatu keputusan dari sebuah kesimpulan yang dihasilkan bersumberkan fakta-fakta yang didapat.

Menurut pengertian yang diambil dari wikipedia Data merupakan catatan atas kumpulan fakta-fakta. Data adalah bentuk jamak dari datum( bahasa Latin yang berarti sesuatu yang dihasilkan).Dalam kegiatan sehari-hari data berarti sebuah peryataan yang dapat diterima secara apa adanya. Pernyataan ini merupakan hasil dari sebuah pengukuran atau sebuah dari pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa apapun.. menurut apa yang akan dijadikan sebuah yang berhubungan dengan objek. Namun  pada saat ini sangat mudah untuk ditemui vendor-vendor  yang bergerak pada jasa olah data dan menawarkan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu agar memperlancar dari sebuah yang akan ditempuh atau dijalankan.

Macam-Macam Data berdasarkan Objek

Ada istilah dengan data primer, yaitu berupa data yang didapat atau dikoleksi langsung oleh peneliti.Peneliti yang terjun langung ke lokasi sumber data agar mandapatkan data-data tersebut. Dan data primer adalah merupakan data yang masih asli atau data yang masih murni yang memiliki sifat berubah-ubah menurut waktu dan kebutuhan (terupdate secara berkala). Ada beberapa teknik yang biasa dipakai oleh peneliti untuk mengumpulkan data-data primer antara lain dengan cara wawancara, observasi, diskusi ekplorasi, dan penyebaran kuesioner.

Data Sekunder yaitu data yang didapat atau dikumpulkan oleh peneliti dari berbagai macam sumber yang telah ada. Peneliti merupakan pihak kedua bahkan bisa juga bagian dari pihak ketiga dalam penelitian ini. Data sekunder bisa didapat atau diperoleh dari berbagai sumber seperti Biro/jasa olah data, atau Pusat Statistik (BPS), dan berupa dokumen-dokumen( buku, laporan, jurnal, dan lain-lain).

Macam-Macam Data Berdasarkan Sifat Objek

Ada data Kualitatif  merupakan data yang berupa kata-kata, bukan dalam bentuk angka/volume.Untuk mengambil data kualitatif bisa didapat dengan beberapa macam teknik/cara, misalnya melakukan wawancara, analisis dokumen, diskusi terfokus, dan observasi yang telah berbentuk dalam catatan lapangan (transkrip).dan untuk pemotretan atau rekaman video bisa disebut juga sebagai jenis lain dari data kualitatif. Fungsi data kualitatif untuk mengetahui sebuah kualitas yang bersumber dari 1 objek yang akan diteliti/digarap. Data kualitatif bersifat abstrak sehingga para peneliti haruslah lebih memahami dari kualitas sebuah objek yang akan diteliti/digarap. Data kuantitatif berguna untuk mengenali jumlah dan kisaran dari sebuah objek yang diteliti.Data ini haruslah bersifat nyata dan dapat diterima oleh panca indera menuntut peneliti harus benar-benar jeli dan teliti untuk mendapatkan keakuratan yang sempurna berupa data dari objek yang akan diteliti.

sumber : http://www.olah-data-statistik.net/

About the Author: Belanja Kita