Tata cara niat dan doa bacaan sholat sunnah tahajut

Didalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang tata cara niat dan doa bacaan sunnah tahajud, sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan ketika waktu malam hari yang dalam itungan jumlah rakaatnya dua rakaat satu salam, biasanya sholat tahajud di kerjakan pada sepertiga malam akhir atau dalam hitungan jam sekitar jam 2 keatas dan sampai sebelum masuk waktu sholat subuh.

Sholat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang artinya sholat di malam hari. Mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud para ulama memiliki pendapat yang berbeda ada yang mengatakan bahwa sholat tahajud mesti setelah terbangun dari tidur di malam hari, namun ada juga yang berbendapat bahwa sholat tahajud tidak mesti harus tidur terlebih dahulu.

Niat sholat tahajut mungkin tidak jauh dengan sholat sunnah yang biasa nya atu yang lainnya, cukup pendek dan mudah untuk diingat yang mungkin ini niat sholat tahajut dengan bacaan bahasa latinya yaitu Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah aku niat shalat sunat thajut dua rakaat karena Allah ta”ala.

bacaan sholat

Mungkin ini tatacara sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya yaitu sebagai berikut :

  1. Membaca niat sholat tahajud seperti yang telah tertulis di atas dengan suara yang pelan saja, diikuti dengan artinya di baca dalam hati.
  2. setelah membaca niat dilanjutkan dengan membaca takbir, (membaca Allahhuakbar) sambil tangannya di angkat ke atas
  3. kemudian membaca doa iftitah
  4. Lalu membaca surat alfatihah, setelah alfatihah membaca surat pendek yang ada dalam Al Qur’an yang telah dihafal, seperti surat Al Ikhlas, Annas, Alfalaq, dan lain-lain
  5. Kemudian lanjutkan seperti pada langkah langkah sholat pada umumnya. Seperti rukuk, sujud, hingga salam.

Mungkin dibawah ini merupakan bacaan doa sholat tahajud dalam bahasa Indonesia yaitu :

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Jumlah rakaat sholat tahajut

Jumlah rakaat sholat tahajud biasanya minimal adalah dua rakaat dan paling banyak bisa semaksimal mungkin atau bisa sebanyak mungkin dalam jumlah rakaatnya sesuai dengan kemampuan anda , yang dimana terakhirnya di tutup dengan shalat witir shalat witir biasanya hitungan nya antara 1 rakaat atau 3 rakaat.

Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya mengenai tentang tata cara niat dan doa bacaan sholat sunnah tahajud, yang mudah-mudahan bisa di pahami dan dimengerti oleh kalian semuanya yang suka menjalankan sholat tahajudnya, terima kasih.

 

About the Author: Belanja Kita